PROFIL SEKOLAH MASA DEPAN

Dengan semakin cepatnya laju perubahan, menuntut keberadaan sekolah yang selalu up to date sebagai tempat pembelajaran. Sekolah sebagai tempat mencari ilmu dan sebagai sumber belajar yang masih diyakini eksistensinya oleh pemerintah dituntut untuk peka terhadap perubahan yang ada. Justru sekolah menjadi tumpuhan harapan akan perubahan itu sendiri.

Tuntutan perubahan di tempat kerja misalnya, di masa yang akan datang para pekerja harus
1. menganalisis, mengubah, dan menciptakan informasi
2. bekerjasama dengan rekan kerja untuk memecahkan masalah dan membuat keputusan
3. mengerjakan berbagai macam tugas yang rumit dengan menggunakan teknologi canggih

Kondisi di rumah-rumah di masa yang akan datang:
1. menikmati hiburan dengan menonton, membuat, dan berpartisipasi dalam berbagai macam media
2. membuat keputusan untuk membeli sesuatu dengan cara mencari informasi di Internet
3. saling berhubungan dengan teman dan anggota keluarga melalui berbagai macam teknologi
4. Di tengah masyarakat abad ke-21, penduduk menggunakan Internet agar selalu mendapatkan informasi mengenai isu-isu lokal,
5. nasional, dan global berkomunikasi dan mengajak orang lain untuk mengemukakan pendapat mereka dalam
6. menggunakan berbagai macam teknologi mematuhi peraturan pemerintah tanpa meninggalkan rumah mereka.

Karena komputer mengambil alih tugas rutin di tempat kerja, sejumlah besar pekerja akan terlibat dalam pekerjaan-pekerjaan yang menuntut mereka untuk bersikap lebih fleksibel dan kreatif dalam memecahkan masalah. Kehidupan di rumah juga menjadi lebih kompleks di abad ke-21 karena pertumbuhan teknologi memberikan lebih banyak peluang tanpa batas untuk mendapatkan hiburan, kegiatan di waktu luang, dan partisipasi dalam kegiatan masyarakat.

Sekolah-sekolah masa depan tidak sekedar harus menyiapkan siswanya untuk bekerja di tempat kerja masa kini, tetapi para gurunya juga harus mengikuti perkembangan cara siswa dan keluarganya menggunakan teknologi dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Di sekolah-sekolah masa depan, para siswa akan
1. mengerjakan tugas-tugas yang rumit dan menantang yang mengharuskan mereka memikirkan pelajaran secara mendalam dan mengatur cara belajar mereka
2. bekerjasama dengan teman, guru, dan para ahli dalam mengerjakan tugas-tugas penting dengan menggunakan pemikiran tingkat tinggi (high-order thinking)
3. menggunakan teknologi untuk membuat keputusan, memecahkan masalah, dan memunculkan gagasan baru

Untuk membantu para siswa mencapai tingkat partisipasi penuh di masyarakat, para guru harus memusatkan perhatian pada kecakapan masa depan itu, yang tertera pada daftar di bawah, yang akan membantu siswa untuk beradaptasi dengan perubahan masyarakat dan teknologi:
Akuntabilitas dan Kemampuan Beradaptasi – Melaksanakan tanggung jawab pribadi dan fleksibilitas dalam konteks pribadi, lingkungan kerja, dan masyarakat; menetapkan dan mencapai standar dan tujuan yang tinggi bagi diri sendiri dan orang lain; bersikap toleran terhadap kerancuan
Kecakapan Komunikasi – Memahami, mencoba, dan menciptakan komunikasi multimedia lisan dan tulis yang efektif dalam berbagai macam bentuk dan konteks
Kreativitas dan Keingintahuan Intelektual – Mengembangkan, melaksanakan, dan menyampaikan gagasan baru kepada orang lain; bersikap terbuka dan responsive terhadap perspektif yang baru dan berbeda
Berpikir Kritis dan Berpikir dalam Sistem – Berusaha untuk memberikan logika yang tepat dalam memahami dan membuat pilihan yang kompleks; memahami interkoneksi antara sistem
Kecakapan Melek Informasi dan Media – Menganalisis, mengakses, mengatur, mengintegrasikan, mengevaluasi, dan menciptakan informasi dalam berbagai macam bentuk dan media
Kecakapan Hubungan antara Pribadi dan Kerja Sama – Menunjukkan kerja sama dalam kelompok (teamwork) dan kepemimpinan; beradaptasi terhadap berbagai peran dan tanggungjawab; bekerja secara produktif dengan pihak lain; menunjukkan empati; menghargai perspektif yang berbeda
Identifikasi, Formulasi, dan Pemecahan Masalah – Kemampuan untuk menyusun dan mengungkapkan, menganalisis, serta memecahkan masalah
Pengarahan Pribadi (Self-Direction) – Memonitor pemahaman diri dan mempelajari kebutuhan pembelajaran, menemukan sumber yang tepat, melakukan transfer pembelajaran dari satu bidang ke bidang lainnya.
Tanggung jawab Sosial – Bertindak dengan penuh tanggung jawab dengan mengutamakan kepentingan masyarakat yang lebih luas; menunjukkan perilaku beretika dalam konteks pribadi, lingkungan kerja, dan masyarakat.

SELAMAT BERTUGAS !!!!

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: