Pengumuman CPNS Tahun 2008: (Tips memenangkan pertarungan do’a)

Hal yang dinanti-nantikan setelah mengikuti tes seleksi CPNS adalah pengumuman CPNS. Tentu kebanyakan dari kita adalah sangat berharap untuk dapat diterima menjadi Pegawai Negeri Sipil. Bahkan banyak yang rela mengeluarkan banyak uang demi mendapat status sebagai PNS. Apakah anda termasuk orang yang beruntung menjadi CPNS di tahun 2009 ini? jawabnya kita tunggu sebentar lagi. Mudah-mudahan melalui blog ini saya juga dapat fowardkan ke anda semua  dari pengumuman CPNS yang dilaksanakan serempak.

Untuk mengoptimalkan peluang anda menjadi CPNS tentu sudah tidak ada yang bisa kita lakukan selain berdoa, karena memang tes ujian masuk menjadi CPNS sudah berlangsung minggu lalu. Namun anda jangan kuatir, saya mempunyai tips untuk memperbesar peluang doa, agar doa kita dikabulkan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Menunggu pengumuman yang membuat jantung kita berdebar-debar tentu cukup melelahkan. Lalu apa yang sebaiknya apa  kita lakukan agar harapan kita tersebut tercapai namun tetap surfive? Berikut saya akan memberikan 4 tips bagaimana memenangkan pertarungan do’a (karena yang memohon kepada Tuhan banyak) sementara realitas kuota CPNS sangat terbatas. Berikut saya sharing berdasarkan pengalaman yang pernah saya alami:

1. Pilihlah do’a yang paling anda sukai dan membuat anda merasa mantap menggunakan do’a itu. Misalnya bagi umat muslim dengan memperbanyak sholat tahjut, membaca ayat kursi, surat iklas dan sebagainya. Doa apapun yang anda pilih derajatnya sebenarnya sama. Bukan berarti yang lebih panjang doanya yang nantinya akan dikabulkan oleh Tuhan. Tidak ada jaminan untuk itu. Doa hanyalah sebagai cara bagaimana kita bisa berkomunikasi dengan Tuhan secara lebih intens. Bagaimana cara berkomunikasi dengan Tuhan secara lebih instens dan menarik simpati Tuhaberdoan? Ikutilah langkah ke-2 sebagai berikut!

2. Jadikan hati anda menjadi hati yang lapang yang senang melihat kebahagiaan orang lain. Pada kesempatan ini ada baiknya anda mencoba dengan ikhlas mendoakan teman-teman anda yang juga sama-sama sedang menunggu penantian untuk menjadi CPNS. Tentu anda bertanya mengapa bukan diri sendiri yang harus anda doakan? Ya. Bukan anda yang harus anda doakan sendiri. Karena beberapa alasan sebagai berikut:

* Kalau anda masih mendo’akan diri anda sendiri, berarti level keikhlasan hati anda masih sama dengan orang kebanyakan. Kebanyakan orang hanya mau berdoa untuk dirinya sendiri. Ia masih egois. 

* Berdoa untuk diri sendiri memang sudah mendapatkan pahala, namun jika anda berdoa untuk orang lain, maka pahala anda akan dilipatgandakan. Dengan demikian jika anda berdoa untuk diri sendiri ibarat mempunyai satu kekuatan, namun jika anda berdoa untuk orang lain maka doa anda akan mempunyai berlipat ganda kekuatan. Tentu semuanya nanti akan kembali kepada anda sendiri lagi yang akan menikmati. Dengan begitu lebih efisien tenaga kan?

* Orang yang kita do,akan baik pasti akan membalas dengan do’a yang baik pula kepada kita. Ini berarti dengan mendoakan orang lain yang ada disekitar kita, kita tidak akan pernah rugi, bahkan justru untung berlipat-lipat. Kita berdoa sekali saja, tapi kita mendapat kembalian doa dari lebih banyak, karena orang yang ada di sekitar kita memang banyak.

3. Jangan pernah berdo’a dengan cara memaksa kepada Tuhan. Kita sering melakukan do’a dengan cara “memaksa” kepada Tuhan agar do’a kita dikabulkan. Kita lakukan do’a sambil menangis dengan harapan jeritan kita bisa didengarkan oleh Tuhan. Menangis di hadapan Tuhan hanya pantas dilakukan saat kita mengingat dosa-dosa kita, bukan pada saat meminta-minta. Itu hanya akan membuat hati kita merasa merana jika tidak terkabulkan. Selain itu berdoa dengan cara demikian sebenarnya adalah wujud kita untuk memaksanakan kehendak Tuhan. Apakah anda tahu kalau benar-benar dikabulkan doa anda tersebut kelak di kemudian hari pekerjaan itu benar-benar baik untuk anda? Apakah anda tahu kalau sebenarnya anda sedang dipersipkan oleh Tuhan untuk menjadi profesi lain yang sangat sukses? Apakah juga anda tahu kalau sebenarnya Tuhan sangat sayang kepada anda dengan cara menunda keinginan anda, sehingga anda kelak akan mendapatkan pekerjaan atau tempat pekerjaan yang labih baik? Yang jelas berdoa dengan cara itu menunjukkan hati anda kurang ikhlas untuk menerima keputusan terbaik dari Tuhan. Padahal kurang ikhlas adalah penghambat utama atas dikabulkannya doa-doa kita.  

4. Serahkan semua keputusan kepada Tuhan yang maha esa. Apakah kita akan diterima menjadi CPNS atau bukan, tentu Tuhan yang akan mengaturnya.   Kalau kelak anda memang diterima menjadi CPNS itu berarti rezeki anda memang dari CPNS. Namun kalau tidak, saya yakin anda sebenarnya sedang dipersiapkan untuk menjadi orang sukses, namun bukan dengan menekuni menjadi PNS. Anda tentu sadar kalau benar-benar pengen menjadi orang sukses memang bukan PNS lah tempatnya. Jadi wiraswasta adalah buktinya, atau profesi lainnya seperti penulis, penyanyi, pengacara dan sebagainya.

Nah, kalau ke-4 langkah di atas sudah anda tempuh, saya yakin kemungkinan besar doa anda akan banyak di kabulkan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

BAGAIMANA MENANDAI BAHWA DOA KITA AKAN DIKABULKAN?

Dari pengalaman saya yang saya amati bertahun-tahun, tanda-tanda doa kita akan dikabulkan adalah sebagai berikut:

1. Hati kita benar-benar bisa berserah diri kepada Tuhan. Apapun yang akan terjadi, kita yakin bahwa itu yang terbaik. Hati terasa ringan, tidak punya beban, juga tidak pernah gelisah.

2. hati kita tetap gembira dalam segala suasana. Saat berdoa juga gembira. Saat jalan-jalan juga gembira. Mau tidurpun juga terasa nyaman hati anda.

3. Dalam hati kita merasa optimis bahwa apapun yang akan terjadi kita adalah orang yang selalu bisa mengatasi masalah dengan baik.

4. Kita merasa sebagai orang yang tidak pernah kalah. Kalau diterima sebagai CPNS ya syukur, tapi kalau toh tidak juga tidak apa apa. Toh jalan menuju ke kemakmuran bukan hanya lewat menjadi CPNS.

SELAMAT MENCOBA

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: